Cara meningkatkan produksi durian dengan perawatan bunga yang tepat

Untuk meningkatkan produksi durian, kamu perlu melakukan kegiatan ekstra dalam melakukan perawatan durian kamu, salah satunya adalah dalam pengelolaan bunga, pengelolaan bunga yang tepat bisa meningkatkan peluang keberhasilan dalam meningkatkan produksi
Kenapa saya perlu melakukan perawatan bunga, bunga durian saya lebat dan bagus bagus kok
Tidak sesederhana itu, bunga yang lebat belum tentu menghasilkan produksi yang lebat pula (lebat dalam artian kualitas buah, bukan kuantitas), ada tata cara tertentu yang mungkin kamu belum tahu, dan berikut ini saya telah menuliskan cara pengelolaan bunga yang tepat untuk kamu para petani durian yang hebat.

1. Lakukan penyerbukan buatan pada bunga durian

Penyerbukan buatan dilakukan pada jenis tanaman durian yang memang tergolong sulit untuk melakukan penyerbukan sendiri, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan bunga dalam membentuk calon buah, meskipun jenis durian yang kamu tanam termasuk jenis yang bagus dan mudah melakukan penyerbukan sendiri, kamu tetap bisa mencoba melakukan penyerbukan buatan kok

Cara melakukan:
  • Kumpulan serbuk sari kedalam plastik yang bersih dengan cara mengoyang goyangkan bunga, atau menyapunya dengan perlahan menggunakan kuas yang lembut
  • Selanjutnya serbuk sari yang sudah terkumpul masukan ke alat penghembus, dan kemudian hembuskan pada kepala putik bunga, lakukan kegiatan ini pada malam hari antara jam 19.00-21.00 (tidak termasuk saat hujan), jika kamu tidak ada alat penghembus, bisa juga menggunakan kuas kecil seperti kuas lukis yang lembut untuk menyapukannya ke kepala putik.
  • Jika kamu tidak ingin langsung menggunakan serbuk sari yang didapat, bisa disimpan terlebih dahulu di lemari pendingin, maks 1 hari

2. Penjarangan bunga dan bakal buah

Sesuai namanya penjarangan bunga adalah kegiatan mengurangi jumlah bunga yang dinilai akan mempengaruhi kualitas produksi.

Banyak petani yang meragukan metode ini, karena memang seperti namanya saja kalau dibayangkan sudah tak mengenakan, masa iya bunga yang lebat malah mau dikurangi, tapi ini memang metode yang bagus, bahkan bisa meningkatkan kualitas produksi hingga 3x lipat, secara kuantitas mungkin akan berkurang kalau dilihat dari nama dan prakteknya, namun hasilnya akan lebih berkualitas.

Cara melakukan:
  • Biarkan bunga rontok secara alami atau dengan sendirinya
  • Pangkas bunga yang berukuran kecil di dompol bunga dengan ukuran kurang dari 2cm
  • Optimalkan penjarangan di ⅔ cabang
  • Sisakan antara 4-8 bunga yang normal dan sehat di setiap dompolnya
  • Kemudian biarkan beberapa hari dan pangkas kembali bunga dan sisakan 1-2 biji bunga yang sehat dan normal serta sudah memiliki ukuran minimal 2-3cm
  • Buat jarak antara dompol satu dengan lainnya min 30cm agar tidak bersinggungan
  • Jika diperlukan pangkas bunga pada bagian ujung cabang, karena biasanya buah yang terletak di ujung cabang berukuran kecil, dan hanya akan mengurangi kualitas durian yang ada di cabang utama, karena nutrisi yang dibutuhkan buah akan terbagi.

3. Perawatan bungan dan bakal buah

  • Lakukan kegiatan penyemprotan bunga menggunakan fungisida bila terjadi hujan saat bunga mekar untuk menghindari bunga busuk. 
  • Semprot bunga yang baru terlepas mahkotanya menggunakan insektisida (untuk mengendalikan kutu putih) dan akarisida (mengendalikan tungau).
  • Taburkan fumigan/insektisida sistemik di sekeliling tanaman untuk mencegah kerontokan bakal buah akibat hama penggerek buah.
  • Semprot bunga, bakal buah dan daun dengan pupuk daun yang mengandung boron, setiap 2 minggu dari saat muncul bakal bunga sampai 75 hari setelah bunga mekar.
  • Jika ada gangguan dari penggerek buah dan jika memang diperlukan kamu bisa juga menggunakan kantung plastik untuk menutupi buah dan melepaskannya 2 minggu sebelum panen, jangan lupa lubangi bagian bawah plastik.

Tips: lakukan dokumentasi setiap melakukan perawatan untuk mempermudah pendataan dan mengetahui grafik perkembangan tanaman.