Begini Cara Mengatasi KWH Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa, Bisa Sendiri

kwh meteran listrik bertuliskan periksa

Planterbag.web.id - Meteran listrik ada tulisan periksa jangan panik, karena hal ini bisa diperbaiki sendiri tanpa harus mendatangkan petugas PLN ke rumah secara langsung, jika kalian sedang mengalami masalah ini silahkan ikuti cara-cara yang bakal mimin bahas di bawah ini.

Cara yang tertulis dibawah juga sudah mimin praktekan dan berhasil karena memang mimin pernah mengalaminya sendiri, jadi saat akan mengisi token listrik ternya KWHnya bertuliskan periksa yang menyebabkan  tidak bisa mengisi  token waktu itu

Berikut cara mudah menghilangkan tulisan periksa pada meteran listrik

1. Download aplikasi PLN mobile

Jika kalian belum punya aplikasi PLN mobile silahkan download terlebih dahulu di playstore atau appstore

Lakukan pendaftaran dengan memasukan nomor telpon yang belum pernah terdaftar atau masuk jika sebelumnya sudah pernah memiliki akunnya

Untuk yang baru pertama melakukan pendaftaran jangan lupa masukan kode referrensi atau referral N2FHL9 saat melakukan pendaftaran, hal ini penting untuk mendapatkan voucher menarik dari PLN mobile

Download aplikasinya disini

2. Pilih menu pengaduan

Pengaduan PLN mobile

Setelah membuat akun silahkan pergi ke menu pengaduan yang berada di halaman utama aplikasi

3. Pilih pengaduan KWH meter bertuliskan periksa

Pada halaman pengaduan kalian akan melihat banyak pilihan masalah yang bisa kalian adukan, karena saat ini KWH meter ada tulisan periksa, maka pilih saja pengaduan tersebut

selanjutnya kalian disuruh untuk untuk mengecek MCB pada meteran luar dan MCB pada bangunan (dalam) terlebih dahulu, jika keduanya ada di posisi ON tapi masih menunjukkan periksa pada meterannya maka kalian disuruh untuk melanjutkan pengaduan

tapi jika MCB luar ON dan MCB bangunan off maka kalian disuruh untuk melakukan pengaduan pada menu listriqu

pada kasus ini, silahkan coba ON kan kedua MCB, jika masih bertuliskan periksa langsung klik ajukan pengaduan di aplikasi

4. Ikuti langkah sesuai petunjuk aplikasi

Setelah klik ajukan pengaduan kalian akan disuruh untuk memasukan ID meteran dan titik lokasi sesuai alamat meteran berada dan memfoto kondisi KWH saat itu juga

selanjutnya disuruh untuk memasukan angka ke meteran listrik sesuai yang tertulis pada aplikasi, contoh angka di aplikasi menunjukan 08, maka kalian masukan di meteran 08 dan tekan enter atau tombol merah

setelah klik tombol merah akan keluar angka acak di meteran kalian, silahkan masukan angka acak tersebut ke aplikasi, dan foto meteran kalian, ada 9 step yang sama, lakukan hingga step terahir

5. Menerima kode temper 

Setelah semua instruksi diisi dengan benar selanjutnya kalian akan dihubungi oleh teknisi PLN yang akan memberikan kode temper

kode temper ini adalah kode yang akan menghilangkan tulisan periksa pada meteran listrik, pihak PLN akan memberikan kode melalui WhatsApp, jadi pastikan kalian menggunakan nomor PLN mobile yang memiliki WhatsApp

6. Masukan kode temper

Setelah mendapatkan kode temper silahkan masukan pada meteran listrik, lakukan seperti mengisi token pulsa pada umumnya, dan selamat tulisan periksa sudah hilang dan meteran sudah normal kembali.

Info : Gunakan kode refferal N2FHL9 saat melakukan pendaftaran aplikasi PLN mobile

Semoga bermanfaat :)