3 Pondok Modern Terbesar Di Jawa Tengah

Mendengar kata pesantren biasanya orang akan langsung berpikir tempat santri belajar agama menggunakan kitab-kitab kuning dibimbing kyai atau ustadz. Para santri belajar di tempat yang seadanya, tidak ada fasilitas yang bagus. Kyai juga tidak dibayar, karena santri juga tidak dipungut biaya.

Yang digambarkan di atas adalah pondok pesantren tradisional. Beda halnya dengan pondok yang modern. Pesantren modern tidak gratis seperti pondok tradisional. Santri atau siswa ponpes modern harus membayar biaya pendidikan yang besarnya tergantung kebijakan masing-masing ponpes. 

Pada pondok modern, sistem pengajaran menggunakan kurikulum yang disusun oleh pihak pesantren sendiri. Kurikulum yang digunakan yaitu perpaduan antara kurikulum pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal. Pembelajaran diberikan kepada siswa sepanjang hari di dalam satu asrama.

Pesantren modern merupakan institusi atau lembaga yang dikembangkan dengan tujuan bukan hanya sebagai tempat belajar saja, tetapi juga meningkatkan efektivitas dampak proses kehidupan terhadap pengembangan karakter dan sumber daya manusia.
 

3 Pondok Modern Terbesar DiJawa Tengah 


1.Pondok Pesantren Modern Islam Assalam


Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam adalah sebuah pondok pesantren Islam yang berlokasi di desa Pabelan kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, biasa disingkat dengan PPMI Assalaam, adalah lembaga pendidikan swasta Islam yang berada di bawah naungan Yayasan Majelis Pengajian Islam Surakarta (YMPIS).

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, biasa disingkat dengan PPMI Assalaam adalah lembaga pendidikan Islam swasta yang didirikan oleh Yayasan Majelis Pengajian Islam Surakarta (MPI) yang didirikan oleh H. Abdullah Marzuki dan Hj. Siti Aminah Abdullah.

PPMI Assalaam berdiri pada tanggal 17 Syawal 1402 H bertepatan dengan tanggal 7 Agustus 1982 M, berlokasi di Jalan Yosodipuro No. 56 Punggawan Surakarta menempati tanah seluas 2.845 m, wakaf dari keluarga H. Abdullah Marzuki dan Hj. Siti Aminah Abdullah, pemilik percetakan PT. Tiga Serangkai Solo.

Sebelum PPMI Assalaam berdiri kegiatan pendidikan yang dilakukan adalah kegiatan Madrasah Diniyyah Awaliyah (MDA), kemudian atas tuntutan masyarakat YMPI mendirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan sistem asrama yang merupakan cikal bakal berdirinya Pondok Modern yang waktu itu diberi nama Pondok Pesantren Punggawan, meminjam nama desa dimana kegiatan pendidikan dipusatkan.
  • Alamat Jl. Majapahit 605 Semarang, Jawa tengah Indonesia
  • Kontak Phone: 081-777-5758
  • Email: pmb@stekom.ac.id
2. Pondok Pesantren modern Darul Amanah



Pada mulanya ada seorang kyai, kemudian datang para santri yang ingin menuntut ilmu kepada kyai tersebut. Dengan bertambahnya hari bertambah pula jumlah kedatangan santri yang mendatangi kyai tersebut, hingga akhirnya tak tertampung lagi di rumah kyai. 

Maka dibuatlah pondok–pondok di sekitar rumah kyai dan dibuatkannya sebuah masjid atau musholla untuk berjamaah atau kegiatan para santri. Pondok–pondok itu dibuat oleh para santri sendiri dengan dukungan orang banyak, terutama orang tuanya sendiri. dan jika kyai mampu maka diusahakan kyai tersebut dengan mengorbankan segala–galanya demi kemajuan pendidikan santri-santriya, sehingga berdirilah sebuah Pondok Pesantren seperti TMI Pondok Pesantren Darul Amanah ini.

Maju dan mundurnya Pondok Pesantren tergantung kepada kemampuan kyai. Banyak Pesantren yang baru tumbuh kemudian mati begitu saja, dan banyak pula Pesantren yang mati sebelum pendirinya meninggal. Demikianlah riwayat Pondok Pesantren pada umumnya.

Pondok Pesantren bukan hotel dan bukan pula indekos. Dalam hotel atau indekos dicari keuntungan materi, orang membangun dengan modal sendiri. Tetapi Pondok Pesantren dibangun dengan mengharap agar santri dapat berhasil dalam menuntut ilmu, terutama ilmu agama. Agar para santri dapat mengamalkan apa yang didapat di Pesantren dalam kehidupan di masyarakat. Setiap bertambah santri baru berarti bertambah pula anggota baru yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup Pesantren tersebut. 

Dahulu santri memasak sendiri, tetapi sekarang sudah kolektif/terkoordinir, agar waktu yang ada dapat digunakan untuk belajar, tetapi Jiwa Pesantren tetap dipertahankan. Maka dari itu di sinilah dilatih mengurus diri sendiri, mencuci sendiri, menertibkan kamar sendiri dan menertibkan alat-alatnya sendiri, sehingga santri menjadi manusia yang mandiri.

Kata santri ada yang mengartikan berasal dari dua kata yaitu Shun ( bahasa Arab ) berarti jagalah dan Tri ( Bahasa Sansekerta ) berarti tiga. Jadi santri adalah pelajar yang selalu menjaga tiga hal pokok, yaitu : Iman, Islam dan Ihsan.

Jadi jelaslah bahwa Pesantren adalah tempat para pelajar menuntut ilmu agama yang sehari–hari hidup bersama kyai dan ustadz/guru. mereka dibina agar kelak menjadi manusia yang mengerti dan mengamalkan ajaran agama serta menyebarkannya kepada masyarakat.

  • Alamat Pondok Pesantren Darul Amanah
  • Ngadiwarno PO BOX. 03 Sukorejo Kendal Jawa Tengah
  • Telp : 0294-452-473
  • Email : info@darulamanah.com
  • Facebook : Darul Amanah
 3.Ponpes Askhabul Kahfi Semarang 

Ponpes Askhabul Kahfi Semarang adalah salah satu pondok pesantren terbesar di jawa tengah. terletak di jalan Cangkiran-Gunungpati KM.3, Kelurahan Polaman, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. 

Diresmikan pada 13 Juli 2009, pada awalnya pesantren ini hanya memiliki 2 lembaga yakni smp dan smk dengan santri ±200 anak. Menyusul lembaga MTs pada 2012 dan MA ada 2015. Dan pada ulang tahunnya yang ke 10 pesantren ini telah memiliki 5 lembaga pendidikan formal. Yakni smp, smk, MTs, MA serta dilengkapi perguruan tinggi Mahad Aliy. Saat ini terdapat lebih dari 3000 santri baik putra maupun putri. Santri santri tersebit berasal dari berbagai kota di seluruh indonesia, dari aceh sampai papua, dan tersebar dalam tiga kampus. Dua komplek putra dan satu komplek putri.

Pondok Pesantren Askhabul Kahfi terus menerus berupaya melakukan inovasi baik pendidikan, budaya dan ekonomi serta meningkatkan sarana dan prasarana untuk mengimbangi pelaksanaan pembelajaran guna mencetak generasi umat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berpendidikan dan berpengetahuan luas tidak mengenal dikotomi keilmuan serta selalu berupaya memperjuangkan agama islam sesuai dengan kemampuan yang berdasarkan pada Al Qur an dan hadist, sehingga menjadi investasi berharga bagi bangsa, negara dan agama demi menggapai ridlo Allah SWT. 
  • Alamat Jl. Raya Cangkiran-Gunungpati, Polaman, Kec. Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah 50216
  • Telf 081321666614