4 Rekomendasi Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Brebes

Ponpes atau pondok pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan agama khas Indonesia --khususnya Jawa-- telah menjadi sebuah lembaga yang sudah mengakar dalam masyarakat. Hampir semua orang kenal dengan lembaga yang bernama pesantren tersebut. 

Sejarah munculnya pesantren oleh beberapa ahli dikatakan dimulai seiring dengan datangnya Islam ke Indonesia, tepatnya di daerah Aceh, sementara pendapat lain menyebutkan bahwa pesantren muncul pertama kali di Jawa dibawa oleh syeikh Maulana Malik Ibrahim , tepatnya di desa Gapura, Gresik, Jawa Timur. 

Dan tokoh yang paling dianggap berhasil mengembangkan dan mendidik generasi ulama pasa saat itu adalah Sunan Ampel yang mendirikan pesantren di Kembang Kuning, Surabaya. Hingga saat ini pendidikan pesantren telah mengalami perubahan dan dinamika yang sangat cepat seiring dengan perubahan dan perkembangan zaman, sehingga corak dan warnanya juga beraneka-ragam antara satu dengan yang lain. Konon, nama pesantren berkaitan dengan istilah shastri dari bahasa India yang berarti orang-orang yang memahami kitab-kitab suci agama Hindu, atau pakar kitab suci Hindu (Arifin, 1992:3, lihat pula Geert, 1960:78). 

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang dilaksanakan dengan sistem asrama (pondok) dengan kiai sebagai figur utama dan masjid sebagai pusat aktivitasnya. Seperti yang dikatakan oleh Raharjo (1985), bahwa pesantren sejak awal pertumbuhannya memiliki bentuk yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain, sehingga tidak ada standarisasi yang berlaku bagi semua pesantren. Namun begitu, dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya pesantren memiliki pola umum atau elemen umum yang menjadi ciri khasnya misalnya adanya: kiai, masjid, santri dan tempat tinggal santri (asrama), serta pengajian kitab kuning. 

Pondok Pesantren Terbaik yang ada di Brebes

1. Ponpes Al Hikmah 1 dan 2

Ponpes Al Hikmah bisa dikatakan adalah salah satu pesantren tertua yang ada di Brebes. Pondok Pesantren ini berdiri pada tahun 1911 dengan pendiri adalah KH. Kholil Bin Mahali. Bahwa beliau merintis pesantren ini setelah pengembaraannya menimba ilmu.

Sistem kurikulum yang digunakan di dalam pesantren Al-Hikmah adalah Kurikulum Diknas dan Kurikulum Pesantren. Jenjang pendidikan pesantren ini pun juga ada pendidikan formal dari kanak-kanak sampai dengan dewasa. Jenjang tersebut antara lain; Taman Kanak-Kanak, MI, SMP;MTS; MA; SMK Keperawatan dan Farmasi; Madrasah Muallimin Muallimat, AKPER (Akademik Keperawatan) dan STAI Al Hikmah serta Ma’had Aly dan program Tahfidzul Qur’an.

Alamat lengkap:

  • Pesantren Al-Hikmah 1: Jl. KH. Zaruki No. 13 Benda Satu, Benda, Kec.  Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah 52272
  • Pesantren Al-Hikmah 2: Pondok Pesantren Al Hikmah 2, Benda Dua, Benda, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah 52272
  • Website resmi: https://alhikmahdua.net/ dan https://alhikmah1.or.id/

2. Ponpes Darussalam 
Pondok pesantren terbaik kedua adalah Ponpes Darussalam. Ponpes ini didirikan pada tanggal 1988 oleh Syaikh Sholeh Muhammad Basalamah. Ponpes ini hanya mengusung sistem pendidikan salaf atau tradisional yakni pendidikan keagamaan saja seperti Tahfidz Quran dan kajian kitab klasik.

Ponpes Darussalam menerapkan kurikulum tarbiyyatussalaf, yang diadopsi dari pembelajaran di Timur Tengah. Dengan begitu ijazah yang dikeluarkan dari ponpes Darussalam bisa digunakan untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi. Tidak hanya di dalam negeri, kuliah di Timur Tengah juga bisa menggunakan ijazah tersebut.

Sekalipun begitu ijazah yang dikeluarkan bisa digunakan untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi. Tidak hanya di dalam negeri, kuliah di timur tengah juga bisa menggunakan ijazah tersebut. Pondok pesantren yang beralamat Jatibarang Kidul Kabupaten Brebes hanya membekali santri dengan keahlian komputer dan beberapa kesenian seperti hadrah dan pencak silat.

  • Alamat Jl. Pramuka No.110, RT.003 / RW.005, Desa Jatibarang Kidul, Kec. Jatibarang, Kab. Brebes 52261.
  • Kontak +62 857-4107-0076 (Muhamad Ulul Fahmi)+62 821-3844-5528 (Imam Nakhrow
  • Alamat lengkap pesantren: Jl. Pramuka No.110 Jatibarang, Kabupaten Brebes.
3. Ponpes Nurul Hayah


Selanjutnya adalah Pondok Pesantren Nurul Hayah, berdiri di atas lahan 5 hektar, Ponpes Nurul Hayah merupakan pondok modern di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang berdiri pada tahun 2018 dengan menawarkan konsep pendidikan pesantren modern dan salaf, dengan program unggulan sains, bahasa Inggris dan Arab, serta tahfidzul Quran dan kitab kuning sebagai ciri khas pondok pesantren salaf.

Dengan demikian Pondok Pesantren Nurul Hayah bisa dikatakan sebagai solusi terkini bagi para orang tua yang berharap putera-puterinya mempunyai cara pandang yang modern, tetapi tidak meninggalkan tradisi yang dibangun para ulama terdahulu.

Visi Pondok Pesantren Nurul Hayah ini tentunya tidak lepas dari peran pembina sekaligus pengasuhnya yakni Dr. KH. Jafar Ath-Thayyar Lc. MA yang memiliki latar belakang pendidikan modern dan salaf, beliau menyelesaikan pendidikannya di Universitas Al Ahqaf Yaman dan juga menimba ilmu di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gersik, Provinsi Jawa Timur. 

Pondok Pesantren Nurul Hayah memiliki beberapa unit pendidikan yakni SMP Nurul Hayah, SMA Nurul Hayah , dan Tafaqquh Modern yang memiliki dua program yakni kajian kitab kuning dan Tahfizhul Quran.

SMP dan SMA Nurul Hayah, menampilkan wajah baru pondok pesantren yang akhirnya membuat para santri di pondok pesantren seperti terasa di rumah. Hal ini, terlihat dari sarana dan prasarana yang disiapkan untuk para santri SMP-SMA Nurul Hayah, lingkungan belajar yang ramah anak, ruang belajar yang memadai, hunian yang nyaman dan bersih, asrama yang ber-AC, lingkungan yang asri, kolam renang, fasilitas olahraga, laboratorium bahasa, lab. IPA, lab. Komputer, dan fasilitas pendukung lainnya.

  • Alamat Jl. Lingkar Provinsi No.07 Bulakelor, Sawah, Ketanggungan, Brebes Regency, Central Java 52263
  • Kontak 0898-8101-080
4.Ponpes Modern Darunnajat

Berikutnya adalah pondok pesantren Modern Darunnajat, mulai dirintis pada tahun 1950 oleh KH Masyhudi. Sesuai dengan namanya pesantren ini menggunakan sistem pendidikan modern atau disebut pesantren modern karena pesantren ini menerapkan sistem pendidikan di Ponpes Gontor. Dimana mewajibkan santrinya untuk menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam kesehariannya. 

Saat ini, Ponpes Darunnajat menyelenggarakan program pendidikan Kulliyyatul Mu’allimin/Mu’allimat al-Islamiyyah (KMI) dengan jangka waktu 6 tahun yang terdiri atas Madrasah Aliyah, dan mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN). 

  • Alamat lengkap pesantren: Tegalmunding Rt 05 Rw 06, Desa Pruwatan, Kec Bumiayu, Kab Brebes, Provinsi Jawa Tengah.
  • Website resmi: https://darunnajat.id/